UPDATE : RUMUS EXCEL VLOOKUP
Kali ini saya akan membagi ilmu tentang
bagaimana cara nya mem VLOOKUP data Excel.
Langsung ja ya ga perlu berbasa-basi,
dan tidak perlu saya jelaskan terlalu panjang lebar apa itu VLOOKUP. Yang pasti
VLOOKUP itu untuk mencari/mengambil data di tempat lain agar mempermudah
pencarian data.
Nah, jika kalian mengambil data di
database atau data lain dengan cara manual dengan Control + Find (Ctrl+F)
kemudian mengcopy paste data yang kita cari. Mungkin mudah ketika data itu Cuma
beberapa record ja. Bayangkan kalau data nya ratusan atau ribuan record yang
perlu diambli saya pastikan akan sangat melelahkan, membuang waktu dan saya
pastikan BOS anda akan meresa jengkel jika pekerjaan yang diinginkannya tidak
cepat beres.
OKK!!! Kita mulai aja dengan
pertunjukannya.
Pertama anda harus menyiapkan database
yang menjadi rujukan misal saya buat “database karyawan”, kemudian data pencari
siapa ja yang pingin dimunculkan.
Contoh liat dibawah ini, kalau mencari
nama langsung ja Klik atau simpan Cursor di Cell C2 seperti gambar dibawah ini
, kemudian Klik “Insert Function”(Perhatikan Gambar ya )
Jika sudah
Klik Insert Function kemudian akan muncul Form seperti dibawah ini.
Nah, lihat
Form ini:
Klik Or
Selecr a category / All Category :
Kemudian
Pilih VLOOKUP selanjutnya tinggal Klik OK, selanjutnya akan muncul seperti Form dibawah ini.
Kemudian
Perhatikan Form Function Arguments dibawah ini, ada beberapa yang perlu
diinput.
Kita
perhatikan satu per satu :
Lookup_value
: ini untuk memilih data yang akan menjadi data pebanding mau berdasarkan apa
yang akan menjadi data yang akan ditampilkan, misalkan ini saya mencari data
berdasarkan NIK maka klik Cell B2 seperti gambar dibawah ini.
Table_array
: ini untuk mencari database pebanding yang saya contohkan ini data nya nama
nya “database karyawan”, klik di table array kemudian cara database nya.
Seperti gambar dibawah ini lah untuk input table array
nya..lihat gambar nya seperti dibawah ini.
Kemudian
Blog di cell yang sudah di sorot, contoh lihat gambar dibawah ini.
Kemudian
Blog di cell yang sudah di sorot, contoh lihat gambar dibawah ini.
Kemudian
Collum index number mana yang akan
ditampilkan.
Fungsinya
untuk menampilkan data apa yang diinginkan.Contoh digambar dibawah ini adalah
menampilkan NAMA, maka hitung Index dari
Index pertama pertama kali hitung index pertama dari data NIK karena saya data
pebandingnya NIK, maka hitung dari NIK berarti Index 1, NAMA index ke 2,
Berarti kita
inputkan angka dua, karena kita akan menampilkan data NAMA yaitu index nya ke
2, lihat Gambar!!
Kemudian
Range Lookup nya silahkan input 0 atau
FALSE.
Mau input
FALSE atau 0 sama ja ko, jangan diributkan (INFO : 0=FALSE, 1=TRUE itu hukum
digital nya ).
Kemudian
Klik OK jika sudah beres semua maka akan tampil seperti Gambar dibawah ini.
Langkah
langkah nya sama ja kalau mau menampilkan data BAGIAN. Logika nya sama ja…
Demikan ilmu UPDATE yang bisa saya share semoga
bermanfaat, selanjutnya akan saya bahas Function-function lain baik Ms Excel
yang lainnya.
Semoga
Bermanfaat.Terima Kasih!!!!
0 comments:
Post a Comment